myself · random things · relationship

Curhat dong mah

Baru kemaren mengquotes tentang ini di status biar dibaca suami,

Meski menyimpan perasaan, kegalauan, kegamangan, keresahan adalah suatu bentuk kehebatan, tapi gak apa-apa lho buat gak selalu hebat. Gak apa-apa lho kalo udah gak kuat bilang kangen ke pasangan, jangan sok kuat, kamu itu manusia bukan batu, juga punya perasaan. Gak apa-apa lho, curhat ke teman yang sangat dipercaya, syukur-syukur dihibur, seenggaknya bakalan bikin lebih lega. Malu curhat ke temen, takut disangka lemah? Curhat ke orang yang sekiranya bisa memberi solusi, dan ini gak apa-apa lho di agama, karena gak semua orang punya koping stres mecanism level โ€œcurhat tuh sama Allah dong jangan sama manusia, kayak gak punya imanโ€. Nggak. Boleh kok cari solusi lain kalo dirasa itu belum cukup. Setidaknya perasaan itu harus disalurkan, jangan dipendam. Kayak ueg contohnya, lari ke blog. Makanya kenapa gak peduli sama stats, karena popularitas bisa dicari pake cara lainnya ๐Ÿ˜† alesan.

Edisi dikit-dikit curhat: LDR berat bosque~ (taken from mba @irrasistible IGS)

Kenapa ada hobi dan passion di dunia? Mungkin salah satu alasan mereka diciptakan untuk menimbulkan rasa bahagia. Hidup gak cukup cuma dengan baik-baik saja, harus bahagia. Syarat hidup yang diciptakan dari dalam manusia. Pernah denger kan, bahagia itu kita sendiri yang ciptakan?

Kenapa harus bahagia? Karena manusia bukan robot. Manusia tidak hanya digerakkan oleh logika, tapi juga perasaan.

Bahagia meningkatkan kinerja hormon-hormon baik. Yang bermanfaat buat kesehatan fisik apalagi psikis.
Pernah dengar orang yang ngakunya perutnya sebah terus, kembung terus, udah macam sakit maagh, padahal makan teratur ternyata dia sedang ada masalah yang mengganggu pikiran. Sering ditemukan orang yang kena cancer, sebelum diketahui penyakitnya bisa bertahan bertahun-tahun, begitu ketauan stadium II langsung drop tiba-tiba bulan depan jadi stadium akhir, itu psikisnya yang kena. Dan masih banyak contoh-contoh lainnya, tentang betapa psikis ini tidak boleh kita abaikan.

Seek profesional help everytime you need. Kuesioner tentang depresi udah banyak bertebaran. Psikolog sudah menjamah banyak kota. Langkah selanjutnya. Komunikasi. Komunikasikan dengan orang terdekat masalah yang mengganggu pikiran hingga berhari-hari. Apalagi kalau masalahnya masalah keluarga yang melibatkan banyak orang. Plis jangan cuma satu yang mikirin solusi, bicarakan, diskusikan dengan banyak orang yang terlibat di dalamnya. Percuma gak mau bikin konflik di luar tapi bergemuruh di dalam hati. Ya tau sih ya, ngomong doang gampang. Makanya itu, seek profesional help. Da aku mah apa atuh, sendirinya masih suka galau.

Karena beberapa hari yang lalu saya melihat langsung, teman yang kelihatan baik-baik saja, hebat-hebat saja. Terkena depresi berat. Syok, kaget, sedih lihatnya. Udah kayak serangan jantung, datang tiba-tiba dan sayangnya yang dibawa pergi bukan nyawa, tapi akal sehat. Hidup tapi gak hidup, mati tapi juga gak mati. Sebagaimana penyakit lainnya, cacar air yang sembuh meninggalkan bekas luka, demam karena infeksi meningkatkan kekebalan, penyakit psikis justru akan menorehkan luka jiwa, selamanya.

Jangan sampai mengalaminya kawan. Sayangi hidupmu. Seberat apapun masalah pasti ada solusinya. Sebesar apapun masalah, ada Allah yang lebih besar. Selalu ingat Dia memberikan cobaan sesuai kemampuan hamba-Nya. Karena semua tawa, tangis, cobaan kehidupan sifatnya hanya sementara. Stay waras, ojo lali bahagia!

ูˆูŽู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชู ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ุฅู†ู’ุณูŽ ุฅูู„ุง ู„ููŠูŽุนู’ุจูุฏููˆู†ู

โ€œDan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Kuโ€. (QS. Adz Dzariyat: 56).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s