friendship · relationship · Uncategorized

Perempuan seharusnya

Punya harga diri. Mau masih single, sudah nikah. Setiap orang harus punya harga diri. *emosi

Ceritanya ada seorang teman yang khawatir tidak bisa melayani suaminya saat haidh. Sekilas terdengar seperti keluhan yang wajar. Wajar kita khawatir suami kecewa, wajar kita tidak ingin menyakiti hati orang yang disayang, wajar kita takut dosa karena menolak ajakan suami. Yang tidak wajar kemudian adalah kenapa dia mesti khawatir jika bentuk pelayanan kita kepada pasangan bukanlah hubungan seksual semata? Laki-laki macam apa yang membuat perempuannya merasa khawatir saat ia sedang tidak suci padahal di agama sudah jelas tertulis?

Anggaplah laki-laki ini normal dan tau agama dengan benar. Kemudian kenapa perempuannya masih merasakan rasa khawatir?

Sebagai sesama perempuan saya merasa sedih. Padahal hubungan pernikahan jauh lebih tinggi dan suci dari itu semua. Memasakan makanan untuknya, mencuci bajunya, merawat anak-anaknya, menemani hari-harinya, adalah juga merupakan bentuk pelayanan kita untuk pasangan.

Boleh kita merendahkan hati tapi bukan diri. Biar harga diri tetap tinggi. Bukankah mahal adalah harga dari setiap muslimah. Jangan merasa rendah, padahal kamu lebih berharga dari apapun. Ingat bapak ibu yang membesarkan kamu dengan airmata yo nduk yo.

Untuk yang sudah mencoba merasa tidam rendah diri. Mungkin ada masanya kamu dipatahkan, direndahkan. Jangan takut, karena boleh jadi yang merendahkan lebih hina dari yang direndahkan. Tetap jangan pernah memberi ruang untuk bisa direndahkan. Karena sebaik-baik pembalasan adalah milik-Nya. Jangan khawatir shaleha. Kamu lebih berharga dari permata. Karena permata hanya berkilau tidak berakal, namun engkau berakal dan berkilau dalam ketaatan.

Beb, apaan sih bahasannya berat amat. Haha. Ya gatau juga ini apa sih, tapi hal-hal begini ini ternyata perlu untuk dibahas juga lho. Kalo selalu dan selalu bersikap apatis bangun-bangun udah ga punya martabat aja dong hai perempuan. Naudzubillah. Jangan sampai ya. Kita muliakan setiap orang, laki-laki dan perempuan karena setiap manusia itu khalifah fil ardh. Jika ingin disetarakan maka merasalah setara bukan lebih rendah bukan lebih tinggi. Kekuatan masing-masing berbeda.

Susah banget closingnya. Haha. Intinya semua perempuan ayo kita saling menguatkan! Semangat menjalani peran! *benerin kacamata, eh lupa kacamata siapaa*

anniversary-artificial-beautiful-1803911.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s